DKISP Luwu Sosialisasikan Manfaat Program PEN Bagi UMKM

0 Komentar

UPOS, Luwu– Pemerintah Kabupaten Luwu melalui Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (DKISP) akan menggelar kegiatan Webinar dalam rangka sosialisasi Manfaat Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) bagi UMKM yang akan dilaksanakan pada hari Kamis (12/11/2020).

Menurut Kepala Bidang Layanan Komunikasi dan Informasi (LKI) DKISP Luwu, Devi Satia yang juga sebagai pemateri dalam kegiatan webinar mengatakan bahwa berdasarkan pertimbangan bahwa penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan pemulihan perekonomian nasional harus dilakukan dalam satu kesatuan kebijakan strategis, yang terintegrasi dan tidak dapat terpisah.

“Presiden Joko Widodo telah menetapkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2020 tentang Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) yang ditandatangani pada 20 Juli 2020. Komite terdiri dari Komite Kebijakan, Satuan Tugas Penanganan COVID-19, dan Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional”, jelas Devi Satia.

Komite Kebijakan, mempunyai tugas menyusun rekomendasi kebijakan strategis (kepada Presiden) dalam rangka percepatan penanganan COVID-19 serta pemulihan perekonomian dan transformasi ekonomi nasional, mengintegrasikan dan menetapkan langkah-langkah pelaksanaan kebijakan strategis tersebut berikut terobosan-terobosan yang diperlukan, serta melakukan monitoring dan evaluasi.

Sementara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 dan Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional mempunyai tugas melaksanakan dan mengendalikan implementasi kebijakan strategis yang berkaitan dengan masing-masing bidang, yaitu Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), menyelesaikan permasalahan-permasalahan terkait pelaksanaan kebijakan, melakukan pengawasan, serta menetapkan dan melaksanakan kebijakan dan langkah-langkah lain.

“Hal ini dilakukan untuk membangun pemahaman, kepercayaan, dan partisipasi publik untuk bersama-sama mewujudkan KESEHATAN PULIH EKONOMI BANGKIT”, lanjutnya.

Salah satu kegiatan yang akan dilaksanakan adalah seri Webinar secara berkelanjutan dan telah dimulai pada tanggal 5 November 2020 hingga 5 Desember 2020 yang dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota se-Indonesia, difasilitasi langsung oleh Kementerian Kominfo RI.

Lingkup topik webinar akan difokuskan pada program-program Pemulihan Ekonomi Nasional, meliputi:
o Perlindungan Sosial (Subsidi gaji, Bansos, PKH, Kartu Prakerja, dll)
o Dukungan UMKM (Banpres Produktif, Penempatan Dana, Subsidi Bunga)
o Sektor Kementerian/Lembaga (diantaranya: Padat Karya)
o Pembiayaan Korporasi
• Vaksin

“Untuk Kabupaten Luwu akan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 12 November 2020 dimulai pukul 10.00 Wita dengan dengan tema Manfaat PEN bagi UMKM dan target peserta adalah Komunitas Perempuan, Komunitas UMKM dan Komunitas Pekerja Seni”, Ungkap Devi.

Penulis : *
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment