Ditanya Soal Netralitas Kepala Daerah Ini Jawaban Wakil Bupati Lutim

oleh

UPOS, Luwu Timur – Wakil Bupati Luwu Timur Irwan Bachri Syam, menghimbau, seluruh Aparat Sipil Negara kabupaten Luwu Timur harus Netral dalam Pemilu 2019. Hal ini disampaikannya saat membacakan sambupatan Bupati Luwu Timur dalam Apel Siaga Pemilu yang diselenggarakan Bawaslu Luwu Timur.  Selasa ( 9 /4/2019 )  di Lapangan Merdeka Malili.

Menurut Irwan Bahcri Syam, Pemilu 2019 di Kabupaten Luwu Timur harus berjalan aman, damai dan berkualitas. Segala bentuk tekanan dan intimidasi tidak boleh terjadi dalam Pemilu tahun ini . ” ASN saya ingatkan jangan sesekali berpolitik praktis ” Ujar Irwan.

Apel siaga ini ditandai dengan melepas balon merah putih keudara sebagai simbol Pemilu ini harus bebas dari tekanan.

Saat dikonfirmasi terkait  Netralitas Kepala Daerah, untuk Luwu Timur, Irwan menjawab, dirinya bersama Bupati Luwu Timur akan menjamin Netralitas tersebut . Ia juga tidak menampik sebagai ketua Partai mereka berdua juga akan berbuat sesuai agenda partai.

Netralitasnya yang dimaksud adalah, keduanya tidak akan menggunakan kekuasaan untuk mengarahkan , menekan warga untuk memilih calon tertentu di Pemilu tahun ini. Keduanya akan bekerja sesuai aturan.

” Kami berdua pak Bupati akan Netral, meskipun kami berdua ketua Partai di Luwu Timur, kami sangat paham kondisi masyarakat kami, mereka sudah punya pilihan masing-masing, perbedaan pilihan yang ada di masyarakat ini harus di jaga sehingga masyarakat tidak terbelah dalam aksi dukung mendukung ” Terang Irwan

Irwan juga meminta Bawaslu tetap profesional, mandiri dalam melaksanakan tugas pengawasan. Bawaslu diminta bisa mencegah potensi kecurangan dan konflik yang ada selama proses demokrasi berjalan .

Ketua Bawaslu Luwu Timur, Rachman Atja, mengatakan Apel Siaga Pemilu ini untuk mengajak warga  berpartisipasi mengawas pelaksanaan Pemilu ini. Praktik jual beli suara, penyebaran pesan hoax,dan mewujudkan Pemilu di Luwu Timur sebagai zona bebas Sara.

” Lewat acara ini kita sama-sama menjaga Pemilu ini jangan sampai di nodai, juga mengajak warga untuk ke TPS sehingga partisipasi pemilih di Lutim ini tinggi. ” Ungkap  Rachma Atja .

Untuk mengawasi jalan proses Pemilu pada 17 April 2019, Rachman mengaku sudah merekruit tenaga pengawas sebanya 908 orang personil. Inilah yang akan disebar disetiap TPS yang ada di Lutim.  ( UjungpandangPos /***)