Disdukcapil Lutim Buka Layanan Pembuatan KTP Di Rumah Sakit

0 Komentar

UPOS, Luwu Timur – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Luwu Timur melakukan perekaman dan penerbitan KTP elektronik di RSUD Ilagaligo Wotu. Kegiatan ini dilakukan untuk membantu warga Lutim mendapatkan Kartu BPJS agar bisa berobat gratis .

Saat ini masih ada pasien yang dirawat dan menjalani oprasi di RSUD Ilagaligo belum memiliki BPJS karena tak memiliki KTP-el . Demikian kata Ahmad Alaudin Kepala Seksi Pendataan Penduduk Disdukcapil Lutim. Kamis (20/8/2020 )

Menurut Ahmad Alaudin, kegiatan ini menyisir warga yang masuk dalam kategori Adedio Pratama, maksudnya pasien RSUD I Lagaligo Wotu yang akan menjalani operasi namun yang bersangkutan belum mempunyai BPJS Kesehatan karena belum memiliki Kartu Penduduk .

” Ini salah satu cara kita menjemput bola, dimana kita selalu mendengar warga mengeluhkan pengurusan untuk berobat gratis terkendala KTP dan kartu BPJS. Makanya hari ini Disdukcapil turun membantu warga menyelesaikan masalah mereka dengan melakukan perekaman dan langsung menerbit KTP sehingga bisa mendapatkan kartu BPJS dan bisa berobat gratis. ” Terang Ahmad.

Kegiatan ini juga membuktikan kalau KTP dokumen yang mutlak harus dimiliki warga. Sebab dengan KTP-el tersebut warga bisa mendapatkan kartu BPJS dan bisa berobat secara gratis di rumah sakit. Termasuk menjadi syarat utama untuk pengurusan lainnya di intansi pemerintahan maupun swasta.

Lanjut Ahmad, dirinya berharap aparat desa di Kabupaten Luwu Timur selalu proaktif mendata warganya yang belum memiliki dikumen kependudukan dan segera melaporkan ke Dinas Dukcapil. ( UjungpandangPos/*** )

Penulis : ***
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment