Dinkes Luwu Rutin Kontrol Penderita Jiwa di Bua

0 Komentar

UPOS, Bua — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Luwu melalui puskesmas Bua, tiga tahun terakhir ini rutin melakukan kontrol kesehatan terhadap warga Desa Lare-lare Kecamatan Bua, Anita dan Saldi.

Hal tersebut diungkapkan oleh PLT Kepala Seksi Promosi Kesehatan Askar Ilyas, di Belopa, Senin (02/12). Pihaknya mengaku rutin memberikan obat untuk keduanya.

“Biasanya kalau kami belum kesana, karena hitungan kami, obatnya masih ada. Ternyata sudah habis, karena kadang dibuang oleh pasien, maka ibunya dan kerabatnya yang datang ke puskesmas mengambil obat,” ungkap Askar l.

Dijelaskannya, kedua pasien tidak dipasung lagi, berdasarkan permintaan dari Dinas Kesehatan Luwu kepada keluarga pasien.

Belum lama ini tim dari Dinas Kesehatan yakni Kepala Puskesmas Bua Dokter Bunadi dan PLT Kepala Seksi Kesehatan Jiwa Rosmadewi SKM turun melihat kondisi pasien. “Kami turun memastikan jangan sampai dipasung lagi,” ungkapnya.

Diketahui, guna penyembuhan Anita dan Saldi anak dari pasangan Abdul Salam dan Halima dilakukan Musyawarah Tingkat Desa, agar adanya dukungan kepada setiap aparat desa atau warga, serta meminta respon jika ada masyarakat yang mengalami gangguan jiwa segera dilaporkan ke dinkes. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment