Di Polres Maros, Biro Ops Polda Cek Kesigapan Penanggulan Bencana

  • Whatsapp

UPOS, Maros– Cek kesigapan penanggulangan bencana di Kabupaten Maros, Biro Ops Polda Sulsel melakukan supervisi dan pengecekan di Mapolres Maros, Senin (08/03/2021) pagi.

Kapolres Maros, AKBP Musa Tampubolon mendampingi Kabag Dal Ops Biro Ops Polda Sulsel AKBP Ade Rahmat memimpin langsung pengecekan peralatan menghadapi bencana alam.

Dengan menghadirkan peralatan SAR dan personil lintas intansi, satu persatu peralatan dan kesigapan personil dilakukan pengecekan oleh Tim Biro Ops.

“Penting untuk melakukan pengecekan kesigapan penanganan bencana ini, melalui supervisi ini bilamana terjadi bencana alam maka dapat terdeteksi sejak dini melalui aksi kegiatan preentif, preventif, serta sinergitas dengan seluruh stakeholder terkait, ”ucap Kapolres Maros.

Dijelaskannya, bila bencana alam terjadi, dampaknya dapat diantisipasi maupun diatasi dengan baik. Bencana alam bersifat kontinjensi yang waktunya tidak diketahui, bencana alam juga mampu menimbulkan kerugian baik harta benda, cedera fisik, psikologi serta ancaman kehilangan nyawa bagi korbannya.

Oleh karena itu, kesiapsiagaan menghadapi bencana mutlak dibutuhkan. Sebab, pada hakekatnya penanganan bencana alam merupakan tugas pemerintah, bersama stakeholder terkait, baik Polri, TNI, Basarnas, BPBD serta komponen lainnya.

Ia melanjutkan, kesiapsiagaan personil, peralatan dan koordinasi masing-masing stakeholder terkait penanggulangan bencana sangat diperlukan.

“Sehingga dalam praktek di lapangan yang sebenarnya tidak terjadi kendala dalam penanganan bencana, ”ujarnya.

Kapolres Maros berharap, keterpaduan kerjasama masing-masing pihak terkait dan segenap komponen masyarakat dapat dijalankan dengan baik.

“Didukung oleh kesiapsiagaan personil dan peralatan agar mampu dan siap menghadapi segala kemungkinan terjadinya bencana alam, “imbuhnya.

Kapolres menuturkan, seluruh jajarannya harus siap jika sewaktu-waktu bencana terjadi.

“Tingkatkan kerjasama dengan instansi terkait, dalam penanggulangan bencana yang terjadi. Selalu siapsiaga sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan siap untuk dikerahkan baik di dalam wilayah sendiri maupun wilayah lainnya, ”tegasnya.

Dalam kegiatan pengecekan ini, melibatkan instansi pemerintah Kabupaten Maros, diantaranya Satpol PP, Dinas Pemadam Kebakaran, BPBD Maros, TIM SAR dan Dinas Kesehatan.

Pos terkait