Desa Ussu Kembali Juara Satu Poktan KB Tingkat Kabupaten Luwu Timur

0 Komentar

UPOS,Luwu Timur – Desa Ussu Kabupaten Luwu Timur kembali menerima piagam penghargaan sebagai juara Satu Poktan KB HI Mutiara Tingkat Kabupaten Luwu Timur . Piagam penghargaan ini diserahkan oleh dr Adnan D Kasim Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Luwu Timur . Rabu (11/11/2020 ) .

Menurut Kepala Desa Ussu , Rahmat Aldin, prestasi terbaik ini bisa dicapai berkat kerja keras Penyuluh KB , Pemerintah Desa Ussu dan kesadaran warga mengikuti program pemerintah tersebut . Sebelumnya pada 2019 silam Desa Ussu juga keluar sebagai Juara I . ” Jadi dua tahun berturut-turut Desa Ussu berhasil menjadi yang terbaik Poktan KB ” Ungkap Rahmat .

Lantas apa yang telah dilakukan Pemerintah Desa Ussu sehingga berhasil menyabet dua kali predikat terbaik tersebut, Rahmat menerangkan , dalam melaksanakan program KB di Desa Ussu sudah mengitegrasikannya dengan program Posyandu dan PAUD , Peran Penyuluh KB dalam hal ini sangat pentig . Di Desa Ussu dilakukan penyuluhan sebanyak 3 kali sebulan , yakni di Posyandu Melati I dan II serta di rumah warga atau kader secara bergantian.

Selanjutnya rutin melakukan peninajuan Kartu Kembang Anak (KKA) tujuannya untuk memantau optimalisasi tumbuh kembang bayi dan balita setiap bulannya. Pemantauan persoalan stunting pada Bayi dan Balita melalui instrumen integrasi .

Tak sampai disitu dalam hal memberikan pelayanan dan penyuluhan untuk anak PAUD Pemerintah Desa Ussu bekerjasama dengan Poskesdes Ussu dan TP. PKK Ussu
. Kami juga memanfaatkan teknologi sebagai penunjang penyuluhan di masa pandemi Covid19, yakni melalui group WA.

Selanjutnya selalu menupdate data sasaran kelompok melalui pengisian K/0/BKB dan R/I/BKB setiap bulannya.

dan melakukan kegiatan tambahan berupa membagi masker pada kelompok rentan di masa pandemi covid19.. Aktif melakukan penyuluhan 3M, Ingat Pesan Ibu, sebagai upaya sosialisasi perubahan perilaku pencegahan covid19 .

” Langka Inilah yang sudah kami lakukan sehingga klimaksnya Desa Ussu meraih juara satu lagi tahun ini . ” Terang Rahmat.

Tentunya dengan predikat terbaik ini , kami akan terus melakukan inovasi sehingga dalam pelaksanaan program KB dan pemantauan pertumbuhan anak , Desa Ussu akan menjadi desa percontohan buat desa-desa yang lain baik di Luwu Timur maupun dari luar kabupaten . ( UjungpandangPos/***)

Penulis : ***
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment