Bupati Adnan : Saka Wanabakti, Jaga Kelestarian Alam dan Jaga Hutan Kita

0 Komentar

UPOS, Gowa– Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan selaku Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Cabang Gowa, resmi melantik Pengurus Majelis Pembimbing Saka dan Pengurus Pimpinan Saka Wanabakti Kwartir Cabang Gowa, periode 2020-2025.

Pelantikan ini ditandai dengan penyematan PIN yang berlangsung di Baruga Tinggimae, Rumah Jabatan Bupati Gowa, Jum’at (19/03/2021).

Dikesempatan ini, Adnan menyampaikan, bahwa hari ini menjadi sebuah kebanggan dan kebahagian bagi kita, karena kita adalah orang -orang yang memikirkan alam dan kelestariaan alam kita melalui pramuka tiada lain supaya kita berkontribusi untuk pembangunan wilayah daerah yang tentunya harus lebih baik dari yang kemarin.

“Pelantikan yang kita laksanakan menjadi sebuah tanggung jawab yang baru. Tanggung jawab yang baru untuk memperlihatkan kepada anak cucu dan generasi kita dimasa yang akan datang bahwa kita adalah orang orang yang tetap memikirkan kehidupan 20 hingga 30 tahun yang akan datang,” katanya.

Diketahui, hutan merupakan sumber kehidupan bagi anak cucu kita dimasa yang akan datang. Pohon-pohon yang ada saat ini dihutan di tanam oleh nenek -nenek moyang kita untuk kita bisa hirup dan untuk kehidupan kita saat ini.

Selain itu, hutan menjadi sebuah sumber oksigen untuk bisa kita hirup. Hutan yang baik akan menjaga alam kita dari bencana-bencana alam yang ada. Kalau kita jaga alam, maka alampun akan menjaga kita.

“Kita harus memiliki pemikiran dan tujuan yang sama untuk membenahi hutan-hutan yang masuk wilayah kawasan sesuai dengan SK 362 dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup RI dengan menjaga hutan  dari penebangan pohon dan pembukaan lahan baru dari oknum yang tak bertanggung jawab,” tegas Ketua Kwarcab Gowa.

Ia pun menitip pesan kepada pengurus baru, bahwa program kerja yang pertama yang harus dilakukan adalah melakukan identifikasi lahan-lahan yang masuk dalam kawasan. 

“Buat program penanaman pohon dilokasi tersebut sebagai tanda bahwa kita memikirkan kehidupan anak cucu kita di masa akan datang. Sehingga Saka Wanabakti ini bukan sekedar pelantikan yang kita laksanakan tapi betul-betul berkontribusi menjaga kelestarian alam dan menjaga hutan kita,” ujarnya.

Sementara Ketua Majelis Saka Wanabakti terpilih, Noor Qamri menyampaikan, bahwa apa yang menjadi pesan Bupati Gowa kepada pengurus baru Saka Wanabakti yang baru akan kami tindaklanjuti.

“Kami akan membuat program kerja dan akan terus melakukan perbaikan dan pembenahan kawasan hutan sesuai arahan yang disampaikan Bapak Bupati Gowa), “ungkapnya.

Penulis : Arman
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment