BUMD Lutim Jangan Mati Suri

oleh

UPOS,Luwu Timur – Bupati Luwu Timur, Muhammad Thorig Husler mengatakan BUMD Luwu Timur belum memberikan Kontribusi buat daerah.Olehnya itu Husler meminta harus ada kerja nyata dari BUMD. Demikian Kata Husler saat membuka Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT. Bumi Timur Mineral, di Hotel Swiss Bellin Makassar, Sabtu (09/03/2019).

Menurut Husler, selama dibentuk, kontribusi BUMD belum memuaskan, wajar saja ini menjadi sorotan publik Karena harapan nya kehadiran BUMD ini bisa menambah Pemasukan Keuangan Daerah.

Dimana saya berharap kata Huslers, Perusahaan Daerah ini bisa memaksimalkan Sumber Daya Alam yang ada di Lutim, karena dalam membangun daerah Lutim kita tidak boleh terfokus pada anggaran pusat, namun harus juga ada kreatifitas kita sendiri dalam menghasilkan sumber pendapatan daerah.

Peran pemerintah untuk BUMD ini sangat besar dengan memberikan dana penyertaan modal yang cukup besar tapi hasilnya belum menggembirakan.

“Saya ingatkan jangan sampai BUMD ini mati suri, dan bisa mempengaruhi kebijakan keuangan daerah ,karena kalau ini terjadi bukan hanya gagal menjadi sumber penerimaan, tetapi juga dapat membebani keuangan daerah.”Pungkas Husler

Secara makro, kata Husler, peranan BUMD terhadap perekonomian daerah dapat diukur melalui kontribusi nilai tambahnya terhadap Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) dan kemampuannya menyerap tenaga kerja.

Meski  belum memuaskan, Husler optimis setelah RUPS ini Perusahaan Daerah ini akan segera berbenah,  jika dikelola secara profesional, proporsional dan memahami benar pentingnya manajemen organisasi yang sehat, maka Perusahaan Daerah ini akan berkembang dan meraup laba yang besar.

Sementara itu, Direktur Utama PT. Bumi Timur Mineral, Herman TD mengatakan, RUPS kali ini juga membahas paparan rencana kerja BUMD PT. Bumi Timur Mineral 2019, Upadate Laporan Keuangan, update kegiatan, penetapan pemegang saham dan penetapan struktur baru serta pembahasan kompensasi direksi dan komisaris.

Dalam pertemuan ini, beberapa agenda penting dan strategis dibahas seperti menetapkan anggaran dasar dan rencana bisnis (bussines plan) perusahaan, serta menyempurnakan dan merubah komposisi pernyertaan modal dan pemegang saham serta Rencana Bisnis PT. Bumi Timur Mineral dan Mitra perusahaan yakni, PT. Mifsui Family Sifang, PT. Adhi Multy Qualty, PT. Taruna Mandiri, PT. Asia Pacific Mining Resource, PT. Citra Lampia Mandiri. (Ujungpandang Pos/***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *