BPBD Lutra : Perangkat Daerah Berkontribusi Beri Bantuan

oleh

UPOS, Luwu Utara– Banjir yang melanda yang sebagian wilayah di Kabupaten Luwu Utara, seperti di Kecamatan Malangke, Malangke Barat, Baebunta, Mappedeceng dan Bonebone membuat berbagai kalangan tergerak hatinya untuk memberikan bantuan kepada korban banjir. Kepala Pelaksana BPBD Luwu Utara, Alauddin Sukri, membeberkan, hingga saat ini total ada 583 paket bantuan yang telah tersalurkan di beberapa wilayah terdampak banjir.

Dari 583 paket tersebut, sebagian besar datang dari Perangkat Daerah (PD) lingkup Pemda Lutra. Alauddin mengungkapkan, bantuan tidak hanya datang dari PD, tetapi juga datang dari pihak Perbankan, seperti BRI dan BPD. Bahkan, kata dia, bantuan juga datang dari PT. PLN UP3 Palopo. “Alhamdulillah, hingga hari ini total bantuan 583 paket. Hari ini juga, ada 205 paket yang akan kita turunkan,” ungkap Alauddin, Jumat (3/5/2019), di Masamba.

“Paket bantuan yang masuk ke kami itu masih dalam karung beras, sehingga kita harus melakukan packing-packing alias kita bungkus lagi per dua kilo, agar nantinya kita mudah membagikannnya berdasarkan hasil assesment yang kita lakukan sebelumnya. Yang jelasnya, by name by addres,” katanya menambahkan. Ia juga mengatakan bahwa ada beberapa desa yang memang tidak butuh logistik, dan menggantinya dalam bentuk lain.

“Ada beberapa desa yang memang tidak butuh logistik, tapi butuh alat berat untuk membenahi tanggul yang jebol. Dan kita fasilitasi dengan dinas terkait. Ada juga desa tidak butuh logistik, tapi mereka butuh karoro dan karung, dan kita juga siapkan. Kita sudah kasi daring 80 meter, dan karung sekitar 2.000 lembar. Dan insya Allah, bantuan akan terus mengalir kepada para korban banjir,” terangnya.

Pada kesempatan itu pula Alauddin mengungkapkan bahwa awal kejadian (banjir) yang melanda sebagian wilayah di Lutra, pihaknya langsung menggelar Rapat Koordinasi Terbatas yang dipimpin Kepala BPBD, dalam hal ini Sekda Tafsil Saleh. “Ratas ini kita lakukan dalam rangka penggalangan dana per PD karena stok logistik BPBD terbatas. Alhamdulillah, hampir semua PD merespon dan sebagian sudah disalurkan,” ungkapnya lagi.

Masih kata Alauddin, selain menyalurkan bantuan logistik, pihaknya juga tetap fokus pada penanganan tanggul yang jebol. “Kami juga sudah melakukan koordinasi dengan Dinas PUPR untuk segera fokus dalam penanganan tanggul yang jebol, terutama di desa Girikusuma dan Polewali. Setelah itu, kita minta juga Dinas PUPR untuk menjadwalkan kembali di wilayah lain yang juga kena dampak dari banjir ini,” pungkasnya.(Ujungpandang Pos/Rls)