Bola Soba Terbakar, Ini Kata Kapolres

  • Whatsapp

UPOS, Bone – Sabtu dini hari, menjadi duka bagi masyarakat Bone atas kebakaran ikon budaya Bone yang selama ini dikenal Bola Soba, sebagai salah satu peninggalan sejarah kerajaan Bone yang sarat dengan nilai sejarah kehidupan masa lampau.

Penyebab kebakaran Bola Soba yang dalam penanganan pihak kepolisian, terus melakukan penyelidikan oleh Tim Inafis Polda Sulsel bekerjasama dengan Satreskrim Polres Bone.

Hal tersebut, disampaikan Kapolres Bone, AKBP Try Handako Wijaya Putra, saat bersama Bupati Bone, Andi Fahsar M. Padjalangi di lokasi kejadian, Sabtu (20/03/2021).

“Kejadian ini merupakan duka kita semua, khususnya masyarakat Bone dan keturunan darah Bone yang tinggal di luar wilayah Bone, karena Bola Soba merupakan kenangan peninggalan Raja Bone pada masa lampau,” ungkap Kapolres Bone.

“Oleh karena itu mari kita semua sabar menunggu hasil penyelidikan oleh Tim Inafis Kepolisian,” jelas Try Handako, yang merupakan turunan darah Bone.

Diketahui, rumah panggung tradisional ala masyarakat Bugis Bone dibangun pada tahun 1890 masa pemerintahan Raja Bone ke-30, La Pawawoi Karaeng Sigeri, sebagai tempat tinggal Raja yang berada di jantung kota Watampone, Provinsi Sulawesi Selatan, kini tinggal puing setelah dilalap si jago merah sekitar Pukul 03.30 Wita.

Pos terkait