Bersama Gojek, PKK dan Dekranasda Sulsel Persiapkan Kolaborasi Usaha di 2020

0 Komentar

UPOS, Makassar — Mendukung program peningkatan pemberdayaan masyarakat dan keluarga, TP PKK dan Dekranasda Provinsi Sulawesi Selatan lakukan kolaborasi bersama dengan Gojek Indonesia Kawasan Wilayah Indonesia Timur (Makassar) di Rumah Jabatan Provinsi Gubernur Sulawesi Selatan pada Senin, 23 Desember 2019.

Gojek Indonesia yang merupakan perusahaan decacorn pertama di Indonesia diharapkan bisa membantu TP PKK dan Dekranasda Provinsi Sulsel mengakomodir kebutuhan para pelaku usaha kecil dan menengah, sehingga dapat membantu meningkatkan pendapatan masyarakat dan keluarga di Sulawesi Selatan.

“Senang sekali bisa berkesempatan bertemu teman-teman dari Gojek untuk bisa berkolaborasi bersama dengan PKK, Dekranasda juga UKM yang ada di Sulsel. Mudah-mudahan pihak Gojek bersama kami bisa berkembang dengan baik dan bisa membantu kebutuhan masyarakat,” ungkap Lies Nurdin selaku Ketua TP PKK dan Dekranasda Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam pertemuan ini dibahas hal-hal penting terkait kolaborasi Gojek Indonesia bersama TP PKK dan Dekranasda Sulsel. Di antaranya yaitu, peluang untuk mempromosikan produk-produk UKM binaan PKK, Dekranasda serta Dinas Koperasi Sulsel. Serta hal-hal teknis yang nantinya harus diperhatikan saat mensosialisasikan program kolaborasi ini kepada para pelaku usaha.

Sementara itu, pihak manajemen Gojek menyampaikan sebagai perusahaan yang ada di Indonesia harus mendorong program-program yang ada hubungannya dengan perempuan, UKM dan pemberdayaan ekonomi kreatif dari tingkat kecil hingga menengah.

Selain itu, pada pertemuan yang dihadiri oleh perwakilan anggota TP PKK Provinsi Sulsel, Dekranasda Sulsel, serta BKOW dan FKCA ini juga dijelaskan bahwa nantinya para pelaku usaha ataupun ibu-ibu yang memiliki keahlian tertentu di bidangnya akan diajak untuk mengikuti pelatihan bersama Gojek.

Para pelaku usaha UKM nantinya akan dibekali dengan ilmu pemasaran produk, desain kemasan produk, serta pelatihan usaha berbasis digital yang merupakan konsentrasi utama Gojek sebagai platform digital di Indonesia.

Sebelum mengikuti pelatihan, dipastikan bahwa para pelaku usaha sudah memenuhi kriteria utama terkait sertifikat halal dan izin produksi Produk Industri Rumah Tangga (P-IRT). Setelah itu, pihak Gojek akan membantu memfasilitasi para pelaku usaha mulai dari packaging-nya hingga target market yang sesuai dengan produknya.

Diharapkan nantinya para pelaku usaha bisa berkontribusi bersama dalam layanan Go-Food, Go-Life, Go-Massage, maupun Go-Mart. Program kolaborasi ini dirancangkan akan segera direalisasikan pada awal tahun mendatang, serta diharapkan dapat terlaksana diseluruh wilayah operasi Gojek di Sulawesi Selatan. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment