Banyak Pasien Covid Sembuh Di RSUD Ilagaligo Wotu. Lutim Bakal Tidak Kirim Swab Ke Makassar Lagi

0 Komentar

UPOS, Luwu Timur – Setelah membombardir dengan jumlah pasien positif Corona,  kini Luwu Timur mulai merilis angka Pasien yang sembuh dari Virus Corona. Termasuk kesiapan RSUD Ilagaligo Wotu menghadapi jangka panjang Pandemi Corona .

Dari 38 yang dinyatakan sembuh terdapat 24 Orang Pasien yang sembuh setelah di Karantina di RSUD Ilagaligo Wotu.

Fakta ini membuktikan kalau Kabupaten Luwu Timur juga berhasil dalam menangani pasien positif yang di Karantina di Kabupaten Luwu Timur.

Selangkah lebih maju lagi sekarang ini RSUD Ilagaligo Wotu sudah berani melakukan pemeriksaan Swab dan mengumumkan hasilnya.  Karena alat Tes Cepat Molekuler (TCM) sudah digunakan.

Selain itu RSUD Ilagaligo Wotu masuk salah satu dari lima RS di Sulsel yang dapat Izin Kementerian melakukan Swab dan mengumumkan hasilnya ke Publik.

” Sekarang RSUD Ilagaligo Wotu sudah bisa melakukan Swab sendiri dan mengumumkan hasilnya,  jadi bisa dibilang kedepan Lutim sudah tidak mengirim lagi Swab ke Makassar. ” Ungkap Masdin Jubir Covid -19 Lutim. Kamis (28/05/2020 ) Malam.

Ini sudah dibuktikan pula dengan 24 pasien yang sebelumnya dinyatakan positif terpapar Corona dan sudah sembuh selama di tangani sendiri pihak  RSUD Ilagaligo .

Untuk diketahui Kata Masdin,  seiring dengan difungsikannya alat TCM tersebut RSUD Ilagaligo sudah memiliki stok Cartridge 100 buah. Dan pihak RSUD Wotu juga  akan menambah Cartridge sebanyak 500 Buah lagi.

” Mau tau harganya satu Cartridge, Itu harganya Rp 770.000. Dan ini dipesan dari Amerika.  Jadi hitung-hitung 1 Juta untuk satu orang. Inilah yang disiapkan Pemerintah Luwu Timur untuk masyarakatnya ” Pungkas Masdin.

Alat TCM ini juga langsung terkoneksi dengan Kementerian Kesehatan RI.  Jadi hasil yang kita keluarkan di Luwu Timur juga terbaca di Kementerian Kesehatan.

Sekarang jika kita bandingkan dengan daerah lain,  RSUD Ilagaligo Wotu jauh lebih baik persipanya menghadapi jangka panjang Pandemi Corona .

Informasi dari pihak RSUD Ilagaligo kata Masdin,  lewat alat TCM ini dalam sehari Lutim bisa melayani pengujian Swab sebanyak 30 sample. Dan hasilnya bisa diketahui 3 jam saja. (UjungpandangPos/***)

Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment