Bantu Tenaga Kerja Dapat SIO, Pemkab Lutim Lakukan Uji Kompetensi Tenaga Operator Alat Berat

0 Komentar

UPOS Luwu Timur – Sebanyak 50 orang calon tenaga operator alat berat mengikuti uji kompetensi untuk mendapatkan Surat Izin Operator ( SIO ) . Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Transmigrasi, Ketenagakerjaan dan Perindustrian Luwu Timur sebagai realisasi dari program Bupati Luwu Timur yang masuk KP1 . Kegiatan ini dibuka oleh PJs Bupati Luwu Timur , Jayadi Nas di Aula Hotel Ilagaligo . Jumat ( 04/12/2020 ) .

Menurut Jayadi Nas, Beruntunglah warga kabupaten Luwu Timur karena pemerintahnya sangat memikirkan hal sedetail ini . Saat ini sertifikasi sangat dibutuhkan jika ingin melamar disebuah perusahaan . Dan sepengetahuan saya Surat Izin Operator ini sangat sulit dan mahal . Sementara Kabupaten Luwu Timur malah mengratiskan warganya yang ingin mendapatkan SIO ini .

Seorang operator alat berat tidak bisa diterima bekerja disebuah perusahaan jika tidak mengantongi SIO . Sekalipun itu dia pintar mengoperasikan alat berat . Sudah seperti inilah tuntutan zaman, skil harus dibarengi dengan sebuah sertifikat sebagai legalitas dari sebuah kualitas . ” Jadi saya sarankan ikuti dengan baik pelatihan dan uji kompetensi ini karena ini manfaatnya untuk kalian semuanya, dan tidak semua daerah membuat program seperti ini . ” Pungkas Jayadi Nas .

Kadis Transnakerin Luwu Timur Aini Endis Anrika mengatakan, uji kompetensi ini khusus untuk operator alat berat escavator, dunt truck , loader dan doser . Yang disebut K3 Dasar . 50 peserta ini akan mengikuti pelatihan selama 4 hari dengan pembagian dua hari materi kelas dibawakan oleh pemateri dari Provinsi Sulsel dan dua hari terakhir peraktek yang langsung dibimbing tenaga ahli dari kementerian Ketenagakerjaan RI .

Keuntungan peserta yang sudah mengikuti pelatihan ini dan sudah mengantongi sertifikat SIO maka akan mudah mendapat pekerjaan sebagai tenaga operator alat berat disetiap perusahaan . Peserta yang megikuti pelatihan saat ini adalah mereka yang sudah pernah bekerja sebagai operator alat berat, yang sudah mengantongi Sim B1 dan SIM B2 Umum . ” Jadi sertifikatnya nanti ini berlaku selama lima tahun, jika sudah habis bisa diperpanjang lagi . ” Ungkap Endis .

Untuk mendapatkan sertifikat SIO ini ada dua jalur yang ditetapkan pemerintah . Yakni lewat pembiayaan pemerintahan dan pembiayaan perorangan . Kalau lewat pemerintahan seperti yang kita lakukan saat ini . Kalau mau lewat perorangan itu harus minimal 15 orang membuat pelatihan ujikompetensi baru bisa mendatangkan tenaga ahli dari kementerian Ketenagakerjaan .

Untuk uji kompetensi SIO ini pemerintah Luwu Timur rencananya akan menghadirkan dua orang tenaga ahli dari kementerian ketenagakerjaan RI . ” Tahun lalu itu kita datangkan dua orang . Kalau materi teorinya dari Pemerintah Provinsi Sulsel . ( UjungpandangPos /***)

Penulis : ***
Tulisan ini berasal dari redaksi

Comment