Banjir Surut Penanganan Pasca Bencana Harus Akurat

oleh

UPOS,Luwu Timur – Banjir yang melanda tujuh kecamatan di Kabupaten Luwu Timur berangsur surut, meski air masih menggenangi areal pemukiman warga namun kondisinya tidak separah yang kemarin. Kesempatan ini dipergunakan warga untuk mengeluarkan seluruh barang-barang dari dalam rumah dan membersihkan lumpur yang menebal di setiap sudut rumah warga .

” Mudah-mudahan ini pak tidak turun lagi hujan, aweh hancur miki ini , mana barang elektronik rusak semua, belum lagi lumpur ini ada semua mi sampai dikamar ” Ujar Rasmah warga di perumahan Barata Guru, Rabu ( 1/5/2019 )

Barang-barang warga ini diangkut keluar perumahan dibawa kerumah keluarga terdekat yang aman dari banjir. Proses evakuasi ini dibantu petugas perhubungan, Satpol PP dan BPBD Luwu Timur, menggunakan kendaraan roda empat.

Pemerintah saat ini sudah menyuplai air bersih kepada warga termasuk air kemasan. Bahkan untuk membantu warga sudah dibuka dapur umum di kompleks perumahan tersebut . Wakil Bupati Luwu Timur Irwan Bachri Syam, yang berada dilokasi mengatakan, penanganan saat ini memasuki tahap pasca bencana. Olehnya itu suplai bahan makanan, air bersih dan pendataan warga yang terdampak harus akurat.

Selain itu Dinas Kesehatan juga diminta setiap saat memeriksa kondisi kesehatan para pengungsi yang tersebar disejumlah titik dilokasi bencana. ” Pengungsi ini harus diperhatikan kondisinya, kebutuhan mereka selama dipengungsian harus diperhatikan, utamanya anak-anak bayi ” Ujar Irwan

Saat ini banjir sudah surut, aktivitas saat ini difokuskan pada pembersihan dan membantu warga membersihkan rumah dan barang-barang. Irwan berharap semoga banjir ini berlalu sehingga aktivitas kembali normal. ( UjungpandangPos /***)