Anggota TNI Muallaf Ini Mendadak Jadi Perhatian, Ini Sebabnya

oleh

UPOS, Sidrap– Salah satu personil Kodim 1420 Sidrap tiba- tiba jadi perhatian media. Bukan karena aksi heroik atau berbuat hal menyangkut dinasnya.

Melainkan, mendadak mencuri perhatian media lantaran jadi guru mengaji di tengah kesibukannya juga bertugas menjadi anggota Satuan Tugas (Satgas) di lokasi TMMD ke 102 di Desa Botto, Kecamatan Pitu Riase, Kab. Sidrap.

Namanya adalah Sersan Kepala (Serka) Ambo Meru yang kesehariannya bertugas sebagai Kepala Pos Kesehatan (Kaposkes) Kodim 1420 Sidrap.

Para awak Media di Sidrap yang kebetulan melakukan peliputan di lokasi TMMD Kodim di Desa Botto, Kamis (12/07/2018), jadi penasaran dibuatnya.

Usut punya usut, ternyata Serka Ambo Meru aktif setiap hari mengajari anak-anak desa tersebut mengaji seperti terlihat di lokasi TMMD kala itu.

Belakangan diketahui Ambo Meru merupakan seorang Muallaf. Dia sebelumnya bersama keluarga besarnya seorang pemeluk agama Hindu Towani.

Bahkan sebelum hijrah memeluk agama Islam. Kasta Ambo Meru dalam agama Hindu sangat tinggi. Dia merupakan salah satu tokoh pemuka agama Hindu Towani di Sidrap, dia masuk Islam setelah jadi abdi negara.

Memanfaatkan dirinya berislam, Ambo Meru mulai mendalami kitab suci Alquran. Dia tak pernah berhenti meminta ustads atau ahli agama Islam untuk mengajarkan massif membaca Alquran.

Hidayah itupun ia ajarkan kepada anak-anak yang ingin belajar ngaji. “Saya memang sudah terbiasa begini. Kalau ada tugas dari pimpinan dimana pun, saya pasti cari masyarakat yang berkumpul dan menawarkan mengajarkan anak-anaknya mengaji. Alhamdulillah mereka semua merespon saya,”tutur Ambo Meru sembari mengaku tidak pernah meminta imbalan sesenpun.

Semua yang dilakukannya itu semata-mata ikhlas lahir bathin. “Saya ingin semua anak-anak generasi kita menjadi penghafal dan tidak buta aksara Alquran, “ucapnya.

Sementara, sejumlah warga Botto yang dimintai tanggapannya mengaku sangat salut dengan apa yang dilakoni personil Kodim 1420 Sidrap tersebut.

“Alhamdulillah, kami salut kepada anggota TNI, selain mengerjakan fisik, dia juga aktif non fisik seperti mengajari anak-anak mengaji di rumah. Hal sperti ini jarang kami temui, “kata warga, Jumalia dalam dialeg bugis kepada media yang mewawancarainya.

Warga desa Botto yang kebetulan salah satu anaknya ikut mengaji ini mengaku, sangat terharu melihat TNI yang penuh dengan keiklasan dan semangat juang untuk melihat anak- anak di desa ini pintar membaca dan menghafal Alquran.

“Jarang ada Tentara yang seperti ini yang bisa bersama- sama warganya, apalagi sampai mengajari anak-anak mengaji, “tandasnya.

Dandim 1420 Sidrap, Letkol Inf Eko Paskah saat meninjau lokasi TMMD di Desa Botto itu kagum melihat salah satu anggota tersebut.

“Luar biasa, tentu kami salut. Selain mengerjakan fisik TMMD, dia aktif juga di kegiatan non fisik seperti mengajari anak-anak mengaji, “kata Eko Paskah.

Sekedar di ketahui, Kodim 1420 Sidrap mengerjakan TMMD ke 102 dengan pembangunan saluran irigasi di daerah itu sepanjang 420 meter.

Saluran tersebut nantinya akan mengaliri air ke sekitar 100 Hektare lebih persawahan yang ada di Desa Botto, Kecamatan Pitu Riase, Sidrap.(Ujungpadang Pos/Irwan Musa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *