43 TPS Tak Tersentuh Listrik, Pemilu Rawan Tidak Jurdil

oleh

UPOS,Luwu Timur – Persoalan TPS tanpa Listrik menjadi kendala bagi KPU dalam Melkasanakan Pemilu Luber dan Jurdil. Penerangan Listrik mutlak  harus diadakan agar proses Pemilu ini berjalan lancar dan aman. Demikian kata Zainal Ketua KPU Lutim saat dikonfirmasi, Jumat (5/4/2019)

Menurut Zainal.KPU sendiri tidak punya anggaran untuk menyewa Genset dalam hal ini. Olehnya itu harapan satu – satunya adalah meminta bantuan pemerintah Luwu Timur.

Setelah di evaluasi, ternyata di Luwu Timur ada sebanyak 43  TPS yang tidak tersentuh jaringan listrik.Karena berada di daerah yang jauh dari pusat kota dan memang belum terjangkau jaringan listrik PLN.

” Setelah saya kros cek ke PPK, ternyata ada 43 TPS saja yang belum tersentuh jaringan listrik. Sebelumnya sempat dinyatakan 45 TPS,  ternyata desa Ujung Baru di Tomoni itu sudah teraliri Listrik ” Ungkap Zainal.

Soal TPS tanpa listrik ini sudah jiga dilaporkan saat rapat kemarin di kantor Bupati. Dimana Pemerintah Daerah Lutim akan membantu mencarikan solusinya. ” Katanya mereka akan berkoordinasi dulu dengan para camat dan kepala desa untuk mengatasi TPS yang terancam gelap gulita saat Pemilu dilaksanakan.

Kenapa saya bilang TPS nya gelap gulita, kata Zainal, karena di prediksi prosesnya ini bisa 24 jam.

Proses Pemilu yang menyita waktu nanti itu adalah memindahkan hasil Pemilu dari C1 ke Formulir berita acara. Ini memakan waktu sampai 8 jam pasca tahapan penghitungan. Penghitungan hasil Pemilu saja itu sekitar 5 jam. ” Jadi bisa tanggal 18 April baru selesai urusan Pemilu di tingkat TPS ” Tandas Zainal.

Berikut TPS yang tidak tersentuh jaringan Listrik. kecamatan Towuti

Desa Masiku, 2 TPS. Desa Bantilang 5 TPS,  Desa Tokalimbo 3 TPS, Desa Ranteangin 4 TPS. Dan Desa Loeha 3 TPS.

Yang sama sekali tidak tersentuh jaringan listrik itu 2TPS di Desa Masiku. Selebihnya ada Jaringan Listril Diesel tapi kadang Hidup lebih banyak padamnya.

Kec. Nuha . Desa Matano 3 TPS Desa Nuha 2  TPS.

Kec. Wasuponda. Desa Parumpanae ada 3 TPS ,Desa Kawata  2 TPS .

Kec. Malili, Desa Ganda Wasu 1 TPS dan Desa Harapan 1 Tps.

Kec .Mangkutana.  Desa Margolembo  2 TPS.

Kec.Wotu Desa Tabaroge  1 TPS . Desa Rinjani  1 TPS .

Kec.Tomoni. Desa Rante Mario 1 TPS .

Kec. Burau wdesa Lauwo 1 TPS , Desa Cendana  3 TPS , Desa Batu Putih 3 TPS. Desa Bone Pute 1 TPS . Desa Hasana 1 TPS . ( UjungpandangPos/***)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *